Jumat, 25 November 2016

Apa itu Startup?

sumber

Baru-baru ini kita dibombardir dengan berbagai istilah baru seperti crowdfunding, crowdsoursing, marketplace, wearable decive, venture capital, startup, global capital dan berbagai istilah asing lainnya. Sejujurnya ini adalah musim pancaroba dimana sedang ada transfer teknologi dan peralihan edukasi menuju revolusi baru.
Okay disini penggagas akan mengupas sedikit tentang startup. Dilansir dari Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.
Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis startup adalah bisnis yang baru berkembang, baru mencari bentuk bisnis yang sustainable. Biasasnya bisnis startup ini identik dengan bisnis yang berbau internet, website, dan teknologi.
Dilansir dari techinasia.com bisnis startup mulai berkembang pada akhir tahun 90an hingga tahun 2000, pada masa itu istilah startup mulai dipopularkan dikancah global.
Studi kasus tim penggagas dari berbagai sumber mendapati karakteristik perusahaan startup, sebagai berikut:
  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis model startup di Indonesia tergolong cukup subur. Dimana market yang besar dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa. Banyak kaum muda yang konsumtif dan senang menikmati dunia digital. Internet yang mulai merata seantero nusantara. Apakah itu bukan peluang yang sangat menggiurkan bagi bisnis startup?
Dilansir dari dailysocial.net, setiap tahunnya  banyak founder-founder startup baru yang bermunculan di Indonesia. Sekarang ini setidaknya lebih dari 2000 Startup lokal yang ada di Indonesia. Disisi lain, setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia semakin naik. Perkembangan ini menjadi suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.
Jangan terus menerus meremehkan pemuda Indonesia. Sekarang banyak pemuda unjuk gigi dengan ide-ide brilian yang membantu menyelesaikan problematika di masyarakat. Kamu tidak percaya? Berikut TOP 15 ide-ide brilian startup Indonesia yang mendapat kepercayaan masyarakat dan kepercayaan investor untuk mengembangkan bisnisnya menjadi perusahaan besar.


TOP 15 Startup Indonesia yang Mendapatkan Funding Melimpah dari Investor
TOP 15 Startup Indonesia. Sumber: techinasia.com

Beridelah, mumpung idemu belum dipatenkan. Startup-startup ini muncul karena ada problematika dimasyarakat dan ada ide dibenak para foundernya. Dulu mereka diremehkan, disangsikan dan ditertawakan. Namun mereka berjuang dan mempercayai ide mereka dan akhirnya mereka dapat mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan investor. Mari berinovasi, Salam Penggagas.

sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar